Pemerintah melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud akan terus menjamin pemerataan akses pendidikan tinggi melalui KIP Kuliah sekaligus mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah. Pada tahun 2020, telah disalurkan bantuan KIP Kuliah untuk 200 ribu mahasiswa baru penerima. Pada tahun 2021 ini akan kembali disalurkan 200 ribu KIP Kuliah bagi mahasiswa baru penerima. Jangan putuskan asa mu, gantung cita-cita mu setinggi langit untuk mengenyam bangku kuliah di perguruan tinggi. Raih prestasi mu dan songsong masa depan yang gemilang bersama KIP Kuliah serta wujudkan SDM Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkarakter.

Fasilitas

1. Gratis biaya kuliah selama 8 semester (4 Tahun).
2. Bantuan biaya hidup yang besarannya disesuaikan dengan klaster daerah.

Apa saja sih persyaratan KIP?

Untuk mendaftarkan diri menjadi pemegang KIP, kamu haru memenuhi persyaratan di bawah ini ya:

  1. Berasal dari siswa SMA/SMK sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau lulus paling lama dua tahun sebelumnya.
  2. Siswa tersebut memiliki potensi akademik baik serta memiliki keterbatasan ekonomi dan akan didukung dengan bukti dokumen yang sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi dan dinyatakan diterima di STMIK AUB Surakarta tentunya dengan program studi yang telah terakreditasi.

Gimana sih cara mendaftar KIP?

Cara mendaftarnya sangat mudah, caranya:

  1. Daftar secara daring melalui laman resmi KIP Kuliah melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Oh iya kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi KIP Kuliah yang sudah tersedia di Play Store.
  2. Setelah itu kamu wajib memasukan data diri berupa NIK,NISN, dan NPSN untuk mendaftar akun SIM KIP Kuliah. Pastikan email yang kamu gunakan adalah email aktif ya. Karena pengiriman nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirimkan melalui email.
  3. Jika pendaftaran berhasil, maka kamu harus melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.
  4. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode akses dan nomor pendaftaran. Nah, di tahap ini kamu bisa menyelesaikan seluruh proses pendaftaran tersebut.
  5. Setelah proses pendaftaran selesai, jangan lupa pilih seleksi masuk perguruan tinggi yang akan kamu ikuti.
  6. Jika penerima KIP Kuliah dinyatakan lulus dari universitas, kamu bisa melakukan verifikasi lebih lanjut melalui universitas tujuanmu.

Itu tadi adalah rangkaian langkah pendaftaran KIP dan persyaratannya. Berikut ini pedoman lengkap mengikuti KIP 2021 dapat di baca di sini

 

Tags: , ,