Saat ini semakin banyak perusahaan berbasis IT bermunculan dan mulai terdengar. Pada 18th Career Days UGM saja, paling tidak ada lima perusahaan berbasis IT seperti PT Evotech Distribusi, Kaskus, Garena Indonesia, Shopee Indonesia, dan PT Global Digital Niaga. 

Generasi Y memiliki beberapa karakteristik tertentu, seperti lebih fleksibel, ingin sukses dengan cepat dan mudah, serta ingin mendapatkan feedback. Secara general, Industri IT saat ini sangat cocok untuk menjadi tempat yang mewadahi jobseeker generasi Y tersebut, industri yang sedang tumbuh dan berkembang pesat.

Perusahaan berbasis IT terus muncul dan berkembang seiring tumbuhnya generasi muda yang selalu menggunakan gadget. Pernyataan ini didukung oleh Sakura Indah Sari, HRD Officer PT Darta Media Indonesia (Kaskus) bahwa perusahaannya berfokus pada pertumbuhan generasi Y. Mereka bahkan menjadikannya sebagai fondasi perusahaan dan menuangkannya dalam kebijakan-kebijakan perusahaan.

Kebanyakan perusahaan IT memiliki setting kantor dan sistem kerja yang sangat sesuai bagi para jobseeker generasi Y. Sakura menyebutkan, Kaskus sendiri memiliki suasana kantor yang menyenangkan, menggunakan konsep open area, dan menyediakan game room untuk karyawan. Tidak hanya setting kantor, beberapa aturan kerja pun cukup fleksibel. “Karyawan bisa menggunakan kaus dan jeans untuk bekerja. Jam kerja juga dibebaskan untuk datang antara pukul 10.00-14.00 WIB,” ujar Sakura.

Hampir sama dengan KASKUS, Garena Indonesia juga berawal dengan menjawab fenomena banyaknya pengguna internet. Christian Wihananto, Product Manager Garena Indonesia, berkata, salah satu tujuan Garena adalah mengembangkan komunitas internet. Chris menjelaskan bahwa bisnis berbasis IT sedang luar biasa berkembang saat ini. Semakin banyak perusahaan yang membantu orang untuk terhubung dengan mudah, misalnya saja anak perusahaan Garena, yaitu Shopee. Perusahaan yang belum genap berjalan selama setahun ini memungkinkan orang untuk menjual produknya melalui telepon genggam, memungkinkan konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang mereka butuhkan tanpa harus keluar rumah.

Pertumbuhan perusahaan IT terus-menerus secara otomatis menciptakan lapangan kerja yang besar bagi para jobseeker. Beberapa perusahaan memang mengutamakan fresh graduate dari jurusan IT. Namun tidak sedikit juga yang menerima fresh graduate dari berbagai jurusan, contohnya saja Garena. Chris mengungkapkan, dengan seiring perkembangan perusahaan, Garena terus membutuhkan karyawan-karyawan baru, “IT haus akan talent,” ujarnya.

Lingkungan  dan jenjang karir yang menarik di bidang IT mengharuskanmu memiliki kualitas yang outstanding. Beberapa kriteria yang disebutkan Chris, misalnya, untuk bekerja di Garena pelamar harus passionate, smart,  gesit, memiliki motivasi, dan passion di bidang ini. Kriteria-kriteria ini dibutuhkan agar perusahaan dapat terus menjawab tantangan dari perkembangan tekhnologi yang sangat cepat “It’s a very very fast moving industry,” jelas Chris .

Kalau kamu termasuk generasi Y yang gesit, kreatif, dan punya passion di bidang IT, saat inilah kesempatan baik datang kepadamu. Semoga sukses!