Berdasarkan Surat Edaran Ketua STMIK AUB Surakarta Nomor: 72/PP.03.08/III/2020 tentang Perpanjangan Kuliah Daring/Online Langkah, Preventif, Kewaspadaan, serta tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Corona (Covid-19) Di Lingkungan STMIK AUB Surakarta.

Berkenaan dengan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang mengubah status infeksi Covid-19 dari Public Health Emergency of Internatitional Cocern menjadi Pendemi serta Penetapan Kota Surakarta berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona (Covid-19) pada tanggal 13 Maret 2020, dan keputusan Kepala BNPB RI No. 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, serta Edaran Mendikbud RI No: 26962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19).

Pimpinan STMIK AUB Surakarta menetapkan langkah-langkah preventif untuk pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di Lingkungan STMIK AUB Surakarta, Maka masa Perkuliahan II (setelah UTS) terhitung sejak hari Senin 06 April s.d Sabtu 21 April 2020 diinstruksikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengingatkan dan mendorong seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikan dan membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
  2. STMIK AUB Surakarta menjamin kegiatan akademik sesuai program, agar tidak terjadi penundaan terhadap masa studi mahasiswa, antara lain: Yudisium hasil Belajar, Tugas Akhir/Skripsi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta Wisuda/Kelulusan.
  3. Kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan menerapkan kebijakan sebagai berikut:
    1. Mengubah bentuk kuliah tatap muka menjadi daring/online dengan menggunakan fasilitas seperti Google Classroom atau yang lain dengan menggunakan pembelajaran yang sesuai melalui Tugas Mandiri dan Terstruktur.
    2. Kegiatan praktik seperti praktik laboratorium komputer, jaringan dan elektronika, dapat diganti metode lain seperti Pembelajaran Berbasis Proyek/Project memanfaatkan platform provider yang direkomendasikan oleh Kemendikbud RI.
    3. Agar dalam pelaksanaan dipertimbangkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan.
  4. Pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan aktivitas bersama masyarakat, dapat dilakukan penjadwalan ulang dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan;
  5. Semua dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menimbulkan terjadinya kerumunan banyak orang dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan;
  6. Semua dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk menunda atau menjadwal ulang perjalanan ke luar negeri. Program Studi diminta berkoordinasi dengan perguruan tinggi mitra untuk mencari penyelesaian yang sebaik-baiknya atas konsekuensi dan akademik dari larangan ini;
  7. Menganjurkan semua dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk tidak melakukan perjalanan di dalam negeri yang tidak penting.
  8. Selain hal-hal tersebut diatas, kampus STMIK AUB Surakarta tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut terkait Covid-19.

Surakarta, 31 Maret 2020
Ketua STMIK AUB Surakarta

Dr. Anton Respati P.SE,MM,MH

File(s)

SE 72 Perpanjangan Kuliah Daring/Online Preventif Covid-19(CAP)
 

Tags: , , ,